Home

Maksudnya memperbaiki diri kan ? Bukankah itu keharusan? Tidak ada orang yang sempurna, kadang diatas kadang dibawah, terkadang sedang lurus terkadang sedang lalai.

Sering kali keinginan untuk memperbaiki diri timbul ketika baru menyadari bahwa ada yang salah dalam pola hidup, sikap dan tingkah laku sehari hari . Dimana semua itu akan berakibat mengalami sandungan , keterpurukan bahkan dalam bentuk teguran dari Allah SWT 😦

Kendala akan timbul ketika kita bingung harus mulai dari mana ya ??? Atau yang lebih parah apa aja sih yang harus di perbaiki… hehe… tak apalah wajar… banyak temennya kok… :p

Skala prioritas ternyata perlu di perhatikan agar semua berjalan efektif dan efisien…

Kemarin Alhamdulillah dapat rujukan yang menarik, setidaknya membuka pikiran kita untuk bisa memulai dari mana…

Semoga proses muhasabah yang terus menerus dilakukan akan semakin optimal.

Dan bagi yang belum memulai , tidak ada kata terlambat.

Setidaknya kita memiliki target … masalah waktu pelaksanaan dan berapa lamanya…diserahkan ke masing masing individu.

Sebenernya paling asyikk kalo bisa bareng bareng …saling mengingatkan dan koreksi… hmm lebih seru kali … banyak cara , banyak media dan senang nya bisa berbagi ilmu ini untuk semua.

Ayo kita kupas satu satu …

TARGET INDIVIDU DALAM PERBAIKAN DIRI

Badan Sehat : Ini sangat penting! Bagaimana kita ingin meningkatkan kwalitas dan kwantitas ibadah kita jika secara fisik kita lemah dan tidak sehat kan … hmmm dijamin ndak maksimal deh.

Pola makan Rosulullah SAW bisa jadi rujukan.

Ahlak yang kuat : Yang ini bisa dikatakan bagaimana memiliki karakter tak tergoyahkan yang positif tentunya ya … mauu!!

Pikiran yang berwawasan : Cari ilmu terus menerus , baca baca, update dan jangan membatasi hanya pada satu bidang atau persoalan … biar gak kuper juga kali yee …

Mampu bekerja : peran serta dan inisiatif sangat penting. Partisipasi dalam tiap kesempatan di depan mata… yuuukk!!

Aqidah yang lurus : Keyakinan penuh bahwa semua muaranya vertical : hanya pada Allah SWT

Ibadah yang benar : Tentu mengikuti dan membutuhkan semua point2 diatas … tanpa ilmu bagaimana bisa benar, tanpa fisik yang sehat bagaimana bisa benar, dll

Pengendalian diri yang kuat : Sering di rasa sulit terutama berkaitan dengan emosi… tapi harus bisa!!

Pandai memanfaatkan waktu : Banyak yang kesulitan soal ini, terutama bagi yang sudah memiliki habite atau kebiasaan hidup yang kurang menghargai waktu…walau lama berprosesnya yang penting selalu koreksi diri seberapa besar progressnya… yukks semanagat!!!

Mampu mengatur setiap urusan : Ini berhubungan dengan managemen diri …semakin luas cakupannya dan mulai melihat dari sisi kita bersosial…nyambung dengan soal waktu juga nih keknya.

Bermanfaat untuk orang lain : Ekplorasi diri yang positif dan memiliki visi yang jelas untuk menjadi manusia yang mulia disisi Allah SWT, Subhanallah. Ini target yang sering kali, ingin langsung di capai… kalo belum memiliki semua point –point yang di atas… tentu point yang ini bisa sambil lalu dan tidak terarah.

Derajat kemuliaan seseorang dapat dilihat dari sejauhmana diri punya nilai manfaat bagi orang lain.

Rasulullah SAW dalam hal ini bersabda

“Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yg paling banyak manfaat bagi orang lain” {H.R. Bukhari}.

Yuuk kita belajar dan berusaha mencapai semua nya. Semisal belum maksimal, itu kan manusiawi, Allah memberikan apresiasi sejak dari kita memiliki niat.

Kesempurnaan hanya milik Allah SWT.

https://dwiewulan.wordpress.com/category/seputar-diri/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s